Senin, 09 November 2009

केरिन्दुँ महासिस्वा हुकुम उनिमा अगर फकुल्तास हुकुम सेगेरा दी डपट BERDIRI

Sejarah Singkat UNIMA

Universitas Negeri Manado (UNIMA) sebelumnya adalah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) satu diantara 4(empat) PTPG yang didirikan di Indonesia yaitu PTPG Batusangkar, PTPG Malang, PTPG Bandung, dan PTPG Tondano, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2450/KB/1955 tanggal 22 September 1955.
Pada tahun 2025, Universitas Negeri Manado akan menjadi sebuah Perguruan Tinggi yang mapan dengan program Sarjana yang diakui secara Internasional, program pendidikan guru yang mantap, program Pasca Sarjana yang kuat dalam bidang-bidang pilihan, dan sebuah pusat penelitian dan pengembagan, yang diharapkan memainkan pernanan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan karya kreatif lainnya, dan dalam penyiapan ilmuan yang matang.

Unima awal berdiri bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) - satu dari empat PTPG yang didirikan pertama di Indonesia yaitu PTPG Batusangkar (Sumatera Utara), PTPG Malang (Jawa Timur), PTPG Bandung (Jawa Barat), PTPG Tondano (Sulawesi Utara), berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2450/KB/1955 tanggal 22 September 1955.

PTPG Tondano kemudian mengalami berbagai perubahan. Mula-mula menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, lalu berubah menjadi FKIP Unhas Tondano di Manado, FKIP Universitas Sulawesi Utara dan Tengah (Unsulutteng), IKIP Yogyakarta Cabang Manado dan terakhir menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Manado yang berdiri sendiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 38 tanggal 8 Maret 1965 juncto Keppres Nomor 275 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965.

Pada 13 September 2000, IKIP Manado dikonversi menjadi Universitas Negeri Manado berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia Nomor 127 Tahun 2000 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Yahya Muhaimin pada tanggal 14 Oktober 2000.
Saat ini UNIMA dipimpin oleh Prof Dr Ph EA Tuerah MSi DEA sebagai Rekto INIMA Periode 2008-2013.
Saat ini UNIMA mempunyai salah satu Program Studi Andalan yakni program studi Ilmu Hukum. Walaupun masih seumur jagung tapi Prodi UNIMA sudah dikenal dan di akui oleh Ubiversitas lain oleh karena keunggulannya dalam debat ilmiah antar Fakultas Hukum Se Sulawesi Utara yang sudah Lima kali berturut-turut memenangkan Lomba Debat Ilmiah. Dan pernah mengikuti mood court di Jakarta dengan mendapatkan PEringkat ke-15 seIndonesia.
Namun hal ini belum membuat Mahasiswa dan dosen yang ada di Prodi Ilmu Hukum UNIMA merasa puas, oleh karena sampai saat ini Prodi Ilmu Hukum UNIMA belum menjadi Fakultas. Padahal saat ini dalam mencari pekerjaan yang selalu di minta adalah Akreditasi Fakultas Hukum. Kapankah Keinginan Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum agar Prodi Ilmu Hukum dapat menjadi Fakultas dapa terealisasi???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar